Tahukah Anda, Terbuat Dari Bahan Apakah Surga Allah itu ?

0
420

alwaliyah.com | Tidak ada yang tidak mengenal surga, semua agama meyakini adanya surga termasuk dalam agama islam itu sendiri. Dalam semua agama, surga diartikan sebagai tempat paling indah yang dikhususkan oleh tuhan untuk mereka yang taat dalam menjalankan agama dan ibadahnya. Maka dalam islam jugalah demikian, surga tercipta hanyalah dikhususkan Allah untuk setiap hamba shaleh yang selalu taat dan patuh kepada segala perintah Allah dan menjalankan kehidupan sesuai dengan arahan-arahan agama saja. Bagi mereka inilah, surga menjadi tempat akhir mereka untuk menjalani hidup kekal dalam setiap kenikmatan dan keindahan yang tersedia didalamnya. Tidak ada kenikmatan dan keindahan yang tak tertara selain dari surga, yaitu sebuah tempat yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga dan tidak pernah diraba oleh setiap tangan. Demikianlah yang pernah dikatakan oleh baginda Nabi Muhammad SAW, Beliau bersabda dalam hadist Qudsinya sebagai berikut :

قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: أَعْدَدْتُ لِعِبَادِي الصَّالِحِينَ مَا لاَ عَيْنٌ رَأَتْ، وَلاَ أُذُنٌ سَمِعَتْ، وَلاَ خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ

“Allah berfirman, ‘Aku telah menyediakan bagi hamba-hamba-Ku yang saleh kenikmatan yang belum pernah mata melihatnya, belum pernah telinga mendengarnya, dan belum pernah pula terbetik dalam kalbu manusia’.”

Kesimpulannya, surga adalah tempat nan indah yang tak tertara, seluruh kenikmatan dan semua keindahan tercipta khusus bagi mereka yang mau menjalankan tuntunan agamanya dalam setiap waktu.

وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ كُلَّمَا رُزِقُوا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِزْقًا ۙ قَالُوا هَٰذَا الَّذِي رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ ۖ وَأُتُوا بِهِ مُتَشَابِهًا ۖ وَلَهُمْ فِيهَا أَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ ۖ وَهُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Artinya: “Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah : 25)

Namun pernahkah anda tahu tercipta dari bahan apakah surga itu, kemudian terbuat dari unsur apakah bahan bakunya dan apakah setiap tingkatan surga yang dijelaskan oleh Nabi memiliki unsur pembuat yang sama atau mungkin berbeda, simak penjelasannya dibawah ini :

Tidak ada yang tahu persis kapasitas sesungguhnya dari bahan apakah tercipta dan terbuatnya surga itu melainkan hanyalah Allah SWT. Namun dari beberapa indikasi penjelasan hadist Rasulullah SAW dan juga datang dari beberapa pendapat para sahabat nabi dan mufassirin maka dapatlah kita temukan bukti keterangan ini dalam beberapa pendapat mereka. Salah satu kitab yang menjelasan keadaan ini adalah berasal dari Kitab yang bernama “Kafsul Ghaibiyah”, buah karya yang ditulis oleh ulama besar Ahlusunnah wal Jamaah yang bernama Syeikh Zainal Abidin Bin Muhammad Al-Fathani, dalam kitabnya beliau mengumpulkan keterangan ini dari beberapa pendapat ulama sebagai berikut :

“Surga itu terdapat 8 tingkatan, adapun yang urutannya adalah :

  1. Surga Daarul Jalal, surga ini terbuat dari mutiara yang putih. Surga ini diciptakan untuk mereka yang selalu bertaubat kepada Allah SWT. Menurut riwayat lain, nama surga ini juga disebut dengan Daarul janan.
  2. Surga Daarusalam, surga ini terbuat dari Yaqut yang merah. Surga ini diciptakan untuk mereka yang selalu sabar terhadap Allah SWT.

لَهُمْ دَارُ السَّلامِ عِنْدَرَبِّهِمْوَهُوَوَلِيُّهُمْبِمَاكَانُوايَعْمَلُونَ

“Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal shalih yang selalu mereka kerjakan.” (QS. Al-An’am: 127)

  1. Surga Jannatul Makwa, surga ini terbuat daripada batu Zarbajad yang hijau. Surga ini diciptakan untuk mereka yang selalu takut kepada Allah SWT.

عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى (١٤) عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى

“(yaitu) di Sidratul Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal.” (QS. An-Najm: 14-15)

  1. Surga Jannatul Khuldi, adapun surga khuldi terbuat dari bahan batu Marjan yang merah dan yang berwarna kuning. Surga ini diciptakan untuk mereka yang selalu bertakwa kepada Allah SWT.

قُلْ أَذَلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاءً وَمَصِيرًا

“Katakanlah (Muhammad), “Apakah (adzab) seperti itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa sebagai balasan, dan tempat kembali bagi mereka?” (QS. Al-Furqan: 15)

  1. Surga Jannatun Na’im, surga ini terbuat dari perak yang berwarna putih. Surga ini diciptakan untuk mereka yang selalu menolong agama Allah.

وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘Adn. Itulah kemenangan yang agung.” (QS. Ash-Shaff: 12)

  1. Surga Firdaus, surga ini diciptakan Allah daripada emas yang berwana merah. Surga ini diciptakan untuk mereka yang selalu ridha terhadap ketentuan Allah SWT.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلا

“Sungguh, orang yang beriman dan beramal shalih, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal.” (QS. Al-Kahfi: 107)

  1. Surga Daarul Qaarar, surga diciptakan dari bahan kasturi yang sangat harum. Surga ini diciptakan untuk mereka yang selalu menolong agama Allah.

يٰقَوْمِ إِنَّمَا هٰذِهِ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا مَتَاعٌ ۖ وَإِنَّ الْاٰخِرَةَ هِيَ دَارُ الْقَرَارِ

“Wahai kaumku! Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.” (Ghafir : 39)

  1. Surga ‘Adnin, surga ini terbuat dari mutiara yang putih. Surga ini diciptakan untuk mereka yang mencintai Allah SWT.

وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘Adn. Itulah kemenangan yang agung.” (QS. Ash-Shaff: 12)

Semua penjelasan dari 8 tingkatan surga diatas memiliki beberapa perbedaan pendapat para ulama. Sebahagian diantara mereka mengatakan bahwa diantara 8 surga diatas juga terdapat nama surga seperti Maq’adus Sidqi, Daarul Muqamah, Maqaamul Amin, dan surga Qadama Sidqi. Dari perbedaan ini mereka menyutujui bahwa jumlah surga adalah delapan walau ada sebahagian mereka berpendapat 9 tingkatan surga.

Inilah bahan-bahan terciptanya surga yang Allah buat. Tentunya semua kepengetahuan ghaib ini tidak diketahui oleh siapapun melainkan Allah SWT. Dia-lah yang mengetahui segala-galanya baik yang nampak ataupun yang tidak nampak. Semoga kita termasuk penghuni dari salah satu golongan dari 8 tingkatan surga yang telah dijelaskan diatas.

Sumber : Tgk. Habibie M. Waly S.TH

Referensi :

Kitab Kafsul Ghaibiyah, Syeikh Zainal Abidin Bin Muhammad Al-Fathani, hal. 128 (Maktabah wa Matbaah Sumber Keluarga, Semarang).

             

Tinggalkan balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here