Lelaki Ini Mimpi Bidadari Surga, Inilah Pesan Bidadari Untuk Semua Laki-laki Bumi

0
350

BIDADARI SURGA, inilah nama terindah yang selalu ditunggu-tunggu oleh kaum adam ketika Allah memberikan anugrah surga kepada mereka. Tidak ada satupun dari kita tentunya sebagai laki-laki yang masuk kedalam surga kelak tidak akan mencari yang namanya bidadari. Semua akan mencarinya dan semua akan menemuinya. Allah SWT menjanjikan kenikmatan ini dalam salah satu ayatnya sebagai berikut :

مُتَّكِئِينَ عَلَى سُرُرٍ مَّصْفُوفَةٍ وَزَوَّجْنَاهُم بِحُورٍ عِينٍ

“Mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli”. (Q.S ath-Thur[52]: 20)

وَبَشِّرِ الَّذِين آمَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الأَنْهَارُ كُلَّمَا رُزِقُواْ مِنْهَا مِن ثَمَرَةٍ رِّزْقاً قَالُواْ هَذَا الَّذِي رُزِقْنَا مِن قَبْلُ وَأُتُواْ بِهِ مُتَشَابِهاً وَلَهُمْ فِيهَا أَزْوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ وَهُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : “Inilah yang pernah diberikan kepada Kami dahulu.” mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya”. (Q.S al-Baqarah[2]: 25).

Tidak dapat dipungkiri lagi, memanglah nyatanya Allah akan memberikan kenikmatan ini kepada kita semua bagi kaum adam, apabila segala perintah Allah dengan sukacita selalu kita kerjakan dan segala laranganya untuk terus kita tinggalkan.

Tidak ada nikmat lain selain setelah berjumpa dengan Allah dan rasul-Nya adalah nikmat kita berjumpa dengan para bidadari surga.

Namun tahukah anda, ada kisah unik saat kita membahas masalah ini, nyatanya sebelum kenikmatan ini diberikan Allah untuk penghuni surga nanti, ternyata Allah pernah menampakkan bentuk kecantikan bidadari surga ini kepada salah seorang hamba-Nya yang shaleh dalam mimpinya. Perjumpaan bidadari ini dengan hamba tersebut sengaja Allah jumpakan untuk mengirimkan pesan kepada hamba-hamba lainnya agar siapa yang ingin mendapatkan kenikmatan ini ia harus melakukan sesuatu. Tahukah anda apa yang disampaikan bidadari ini kepada salah seorang hamba itu, simak penjelasannya dibawah ini.

Didalam sebuah kitab yang dikarang oleh Syeikh Ahmad bin Syeikh Hijazy Al-Qussany, yang berjudul Al-Majalisus Saniyah”, kitab ini merupakan kitab syarahan (penjelasan luasan) dari kitab Hadist Arbain An-Nawawi. Mengenai perjumpaan dua makhluk Allah ini, beliau pernah menulis sebagai berikut :

“Dari riwayat Tsabit Radiallahu ‘anhu, dia pernah berkata : aku memiliki ayah yang selalu bangun untuk menghidupkan malam, ayahku berkata : “disuatu malam aku bermimpi dikegelapan malam aku melihat seorang perempuan yang cantik yang sangat berbeda dengan perempuan yang ada (perempuan yang sangat cantik jelita dan kecantikannya sangat berbeda), saat itu aku berkata kepada perempuan itu :

Siapakah kamu ?

Maka dia menjawab : saya salah satu dari makhluk yang bernama “haura Amatilah” (bidadari).

Saat itu aku berkata, Bolehkah aku menikahkan dirimu ?

Maka bidadari itu menjawab : pinanglah aku disisi Tuhanmu dan siapkanlah mahar untukku.

Lalu aku pun bertanya : mahar seperti apa yang harus aku persiapkan untukmu

Bidadari itupun menjawab : mahar kami adalah engkau perpanjag shalat tahajjud ditengah malam, itulah mahar kami.

Inilah kisah hikmah yang dapat kita ambil i’tibarnya. Ternyata tahajjud bukan hanya amalan ibadah malam yang telah dijanjikan pahala besar-Nya untuk kita namun Allah juga memberikan kenikmatan lain selain itu, yaitu makhluk cantik-Nya, Haural ‘Ain, yaitu bidadari surga.

Semoga kita termasuk seseorang dari banyaknya orang yang dijanjikan Allah untuk masuk kedalam surga-Nya. Tentunya dalam surga nanti siapapun penghuninya Allah akan berikan banyak nikmat yang tak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak pernah diraba oleh tangan, termasuk para penghuni didalamnya yaitu bidadari.

Semoga dengan kisah ini dapat memberikan pelajaran dan itibar penting bagi ibdah kita. Semoga penjelasan ini bermanfaat.   

Sumber : Tgk. Habibie M. Waly S.TH

Referensi : Syeikh Ahmad bin Syeikh Hijazy Al-Qussany, Syarah Al-Majalisus Saniyah, hal. 17 (penerbit : Al-Haramain).

           

Tinggalkan balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here