Bolehkah Mengamalkan HADIST DHA’IF (Hadist Lemah) ?

0
235

alwalyah.com | Dalam ilmu hadist “Hadist Dhaif” adalah hadist yang derajatnya dibawah hadist hasan. sedangkan hadist hasan berada dibawah hadist shahih yang keduanya (hasan dan shahih) dapat dijadikan sebagai rujukan dalil dalam setiap hukum. Jika hadist Shahih dapat dijadikan sebagai rujukan dalil maka hadist dhaif tidaklah demikian. Hadist Dhaif hanya bisa dijadikan sebagai rujukan amaliyah saja namun tidak bisa dijadikan sandaran untuk dalil hukum islam.

Banyak orang yang mempermasalahkan hadist dhaif sebagai hadist yang tidak dapat diamalkan. Bahkan sebahagian diantara mereka menyebutkan bahwa mengamalkan hadist dhaif adalah sangat dilarang dan haram hukumnya. Memang pada kenyataannya menurut para ahli hadist bahwa hadist dhaif tidaklah dapat diamalkan, namun bukan untuk semuanya dan tidaklah semua hadist dhaif itu memiliki derajat mardud atau matruk (yaitu hadist yang memang mutlak ditolak keberadaannya), kenyatanyaan hadis dhaif sebenarnya bisa diamalkan selama tidak melanggar beberapa ketentuan hukum yang telah diatur oleh para ahli hadist.

Imam as-Suyuthi menyebutkan dalam Tadrib ar-Rawy fi Syarh Taqrib an-Nawawi,

Boleh meriwayatkan dan mengamalkan hadits Dha’if, dengan syarat:

  1. Bukan pada masalah Aqidah; tentang sifat Allah, perkara yang boleh dan mustahil bagi Allah, penjelasan firman Allah Swt.
  2. Bukan pada hukum halal dan haram. Boleh pada kisah-kisah, fadha’il (keutamaan) amal dan nasihat.
  3. Tidak terlalu dha’if; perawinya bukan kadzdzab (pendusta), tertuduh sebagai pendusta atau terlalu banyak kekeliruan dalam periwayatan.
  4. Bernaung di bawah hadits shahih.
  5. Tidak diyakini sebagai suatu ketetapan, hanya sebagai bentuk kehati-hatian.

Teks lengkapnya sebagai berikut[1] :

 ورواية ما سوى الموضوع من الضعيف والعمل به من غير بيان ضععه في غير صعات الله تعالى ) وما يجوز ويستحيل عليه وتعسير كلامه (والأحكام كالحلال والحرام و) غيرهما وذلك كالقصص وفضائل الأعمال والمواعظ وغيرها ( مما لا تعلق له بالعقائد والأحكام ) ومن نقل عنه ذلك ابن حنبل وابن مهدي وابن المبارك قالوا إذا روينا في الحلال والحرام شددنا وإذا روينا في العضائل ونحوها تساهلنا تنبيه لم يذكر ابن الصلاح والمصنف هنا وفي سائر كتبه لما ذكر سوى هذا الشرط وهو كونه في العضائل ونحوها وذكر شيخ الإسلام له ثلاثة شروط أحدها أن يكون الضعف غير شديد فيخر  من انعرد من الكذابين والمتهمين بالكذب ومن فحش غلطه نقل العلائي الاتعاق عليه الثاني أن يندر  تحت اصل معمول به الثالث أن لا يعتقد عند العمل به ثبوته بل يعتقد الاحتياط وقال هذان ذكرهما ابن عبد السلام وابن دقيق العيد وقيل لا يجوز العمل به مطلقا قاله أبو بكر بن العربي وقيل يعمل به مطلقا وتقدم عزو ذلك إلى ابي داود وأحمد وانهما يريان ذلك أقوى من رأي الرجال وعبارة الزركشي الضعيف مردود ما لم يقتض ترغيبا أو ترهيبا أو تتعدد طرقه ولم يكن المتابا منحطا عنه وقيل لا يقبل مطلقا وقيل يقبل إن شهد له أصل واندر  تحت عموم انتهى ويعمل بالضعيف ايضا في الأحكام إذا كان فيه احتياط

Contoh: Hadits Doa Buka Puasa.

Dari Mu’adz bin Zuhrah: telah sampai kepadanya bahwa ketika berbuka Rasulullah Saw mengucapkan:

“Ya Allah untuk-Mu puasaku dan atas rezeki-Mu aku berbuka”.

Komentar Syekh al-Albani,

إِسْنَادُهُ ضَعِيْفٌ مُرْسَل؛ مُعَاذ هَذَا تَابِعِيٌ مَجْهُولٌ، وَبِالْاِرْسَالِ أَعْلَه الحَافِظُ المُنْذِرِي

Sanadnya dha’if mursal, status Mu’adz ini adalah seorang tabi’i majhul. Disebabkan mursal dijadikan ‘illat oleh al-Hafizh al-Mundziri[2]

Syekh Ibnu ‘Utsaimin Membolehkan Doa Yang Didha’ifkan Syekh al-Albani:

“Sesungguhnya waktu berbuka adalah waktu terkabulnya doa, karena waktu berbuka itu waktu akhir ibadah, karena biasanya manusia dalam keadaan sangat lemah ketika akan berbuka, setiap kali manusia dalam keadaan jiwa yang lemah, hati yang lembut, maka lebih dekat kepada penyerahan diri kepada Allah Swt. “

Doa yang ma’tsur adalah:

اللهم لَكَ صُمْتُ، وَعَلىَ رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

 “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan atas rezeki-Mu aku berbuka”.

Juga sabda Rasulullah Saw:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَتِ العُرُوقِ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَالله

“Dahaga telah pergi, urat-urat telah basah dan balasan telah ditetapkan insya Allah[3].

Sumber : 37 Masalah Popular (Ustadz Abdul Shamad L.c)

Referensi :

[1] Imam as-Suyuthi, Tadrib ar-Rawi fi Syarh Taqrib an-Nawawi, juz.I (Riyadh: Maktabah ar-Riyadh alHaditsah), hal.299.

[2] Syekh Nashiruddin al-Albani, Dha’if Abi Daud, Juz.II (Kuwait: Mu’assasah Gharras li an-Nasyr wa atTauzi’, 1423H), hal.264

[3] Syekh Ibnu ‘Utsaimin, Majmu’ wa Fatawa Ibn ‘Utsaimin, juz.XVII, hal.268

Tinggalkan balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here