Pesan Penting Rasulullah, Jauhi 4 Model Rumah ini Karena Malaikat Tidak Mau Memasukinya

www.alwaliyah.com

alwaliyah.com | Malaikat merupakan makhluk Allah yang sangat patuh dan selalu taat kepada segala perintah Allah SWT. Dari ketaatan mereka inilah yang membuat makhluk-makhluk yang ada disekelilingnya juga bernilaikan baik karena hadirnya malaikat merupakan rahmat khusus yang Allah berikan kepada mereka dan makhluk-mahkluk-Nya yang ada disekeliling mereka.

Itulah sebabnya disisi lain, sepertimana yang telah dijelaskan oleh Baginda Rasulullah bahwa jika malaikat masuk kedalam rumah seseorang hamba maka rumah itu menjadi rahmat tersendiri karena pada hakikatnya setiap manusia selalu dan akan terus dijaga oleh malaikat dalam setiap keadaan manusia, termasuk didalam rumahnya sendiri :

Rasulullah SAW bersabda :

ูŠูŽุชูŽุนูŽุงู‚ูŽุจููˆู†ูŽ ูููŠูƒูู…ู’ ู…ูŽู„ุงูŽุฆููƒูŽุฉูŒ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ูˆูŽู…ูŽู„ุงูŽุฆููƒูŽุฉูŒ ุจูุงู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑู ูˆูŽูŠูŽุฌู’ุชูŽู…ูุนููˆู†ูŽ ููู‰ ุตูŽู„ุงูŽุฉู ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ูˆูŽุตูŽู„ุงูŽุฉู ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑู ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽุนู’ุฑูุฌู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุจูŽุงุชููˆุง ูููŠูƒูู…ู’ ููŽูŠูŽุณู’ุฃูŽู„ูู‡ูู…ู’ ุฑูŽุจู‘ูู‡ูู…ู’ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุจูู‡ูู…ู’ ูƒูŽูŠู’ููŽ ุชูŽุฑูŽูƒู’ุชูู…ู’ ุนูุจูŽุงุฏูู‰ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ุชูŽุฑูŽูƒู’ู†ูŽุงู‡ูู…ู’ ูˆูŽู‡ูู…ู’ ูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู†ูŽ ูˆูŽุฃูŽุชูŽูŠู’ู†ูŽุงู‡ูู…ู’ ูˆูŽู‡ูู…ู’ ูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู†

โ€œPara Malaikat dimalam dan siang hari silih berganti mengawasi kalian, dan mereka berkumpul pada saat shalat Subuh dan shalat Ashar, kemudian para malaikat yang mengawasi kalian semalam suntuk naik (ke langit). Allah menanyakan kepada mereka, padahal Dia lebih mengetahui dari mereka, โ€œDalam keadaan apakah kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku?โ€ Mereka menjawab, โ€œKami tinggalkan mereka dalam keadaan mengerjakan shalat.โ€ (HR. Ahmad 8341, Bukkhari 555, Muslim 1464 dan yang lainnya).

Kesimpulannya adalah bahwa kehadiran seorang manusia akan selalu dijaga dan diperhatikan oleh para makhluk Allah yang bernama Malaikat dan tentu dengan adanya kehadiran malaikat jugalah menjadi pembawa rahmat bagi setiap manusia itu sendiri, termasuk keberadaan mereka didalam rumah kita, namun tahukah anda bahwa terdapat 4 fakta yang menyebabkan malaikat tidak mau memasuki rumah seorang hamba bahkan mereka keluar daripadanya. Apa sajakah 4 alasan itu ?

Pertama : โ€œMemelihara Anjingโ€

Salah satu sebab para malaikat tidak memasuki rumah seorang hamba dikarenakan terdapat anjing didalam sebuah rumah. Selain alasan yang demikian, anjing disisi lain juga dikenal sebagai salah satu hewan yang bernajis berat hingga harus dicuci dan disamak jika salah satu bahagiannya terkena kain atau baju.

Karena alasan inilah maka anjing jika memasuki rumah seseorang bahkan dijadikan binatang peliharaan didalamnya maka sudah barang tentu Malaikat sebagai makhluk suci tidak akan memasuki kedalam rumah tersebut.

Rasulullah SAW bersabda :

ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุงุจู’ู†ู ู…ูู‚ูŽุงุชูู„ู ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ู…ูŽุนู’ู…ูŽุฑูŒ ุนูŽู†ู’ ุงู„ุฒู‘ูู‡ู’ุฑููŠู‘ู ุนูŽู†ู’ ุนูุจูŽูŠู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุณูŽู…ูุนูŽ ุงุจู’ู†ูŽ ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฃูŽุจูŽุง ุทูŽู„ู’ุญูŽุฉูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู “ู„ูŽุง ุชูŽุฏู’ุฎูู„ู ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู ุจูŽูŠู’ุชู‹ุง ูููŠู‡ู ูƒูŽู„ู’ุจูŒ

Telah bercerita kepada kami Muqatil telah mengabarkan kepada kami ‘Abdullah telah mengabarkan kepada kami Ma’mar dari Az Zuhriy dari ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah dia mendengar Ibnu ‘Abbas RAa berkata, aku mendengar Abu Thalhah berkata, aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ada anjing.โ€ (H.R Bukhari no.2986)

Kedua : Memajangkan Patung

Ciri rumah yang dijauhi malaikat selanjutnya adalah memajang patung di rumah. Patung yang dipajang di dalam rumah, meskipun sebagai dekorasi, akan membuat rumah seakan mendukung pembuatan patung.

Jangankan patung yang telah dipajang dilarang oleh baginda bahkan membuatnya pun juga dilarang, Rasulullah bersabda :

ุฅูู†ูŽู‘ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจูŽ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุตูู‘ูˆูŽุฑู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ูŠูุนูŽุฐูŽู‘ุจููˆู†ูŽ ุŒ ููŽูŠูู‚ูŽุงู„ู ู„ูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽุญู’ูŠููˆุง ู…ูŽุง ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ุชูู…ู’

โ€œSesungguhnya pembuat gambar ini akan disiksa pada hari kiamat. Dikatakan pada mereka, โ€œHidupkanlah apa yang telah kalian ciptakan (buat).โ€ (HR. Bukhari no. 2105 dan Muslim no. 2107)

Berkenaan dengan adanya patung dalam rumah yang membuat malaikat tidak masuk kedalamnya adalah sesuai dengan apa yang telah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW :

ู„ูŽุง ุชูŽุฏู’ุฎูู„ู ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู ุจูŽูŠู’ุชู‹ุง ูููŠู‡ู ุชูŽู…ูŽุงุซููŠู„ู ุฃูŽูˆู’ ุชูŽุตูŽุงูˆููŠุฑู

“Malaikat tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung-patung atau gambar-gambar.” (H.R Muslim No.3948)

Ketiga : Tempat Kotor dan Beraroma Tidak Sedap

Selain patung dan anjing diatas yang membuat malaikat tidak masuk kedalam rumah aroma bau busuk dan kotor juga menjadi faktor lain yang membuat para malaikat pun enggan mau memasuki rumah yang kotor, kumuh, jorok dan berbau tidak sedap.

Dalam hal ini Rasulullah SAW dalam haditsnya :

Hal ini dapat dilihat dari sabda Rasulullah saw. yang berbunyi, โ€œsiapa saja yang memakan pohon yang tidak sedap ini janganlah mendekati masjid kami, sesungguhnya malaikat akan merasa sakit karena aromanya seperti halnya manusia.โ€ (HR.Muslim)

Untuk itu, pastikan agar rumah selalu dibersihkan agar tampilannya terlihat bersih dan tak ada bau tak sedap yang muncul karena malas membersihkan rumah.

Empat : Rumah & Tempat Yang Tidak Terdengar Ayat Suci Al-Quran

Rumah atau tempat yang tidak pernah terdengar bacaan ayat suci Al-Quran juga tidak akan dimasuki malaikat kedalamnya. Hal ini karena malaikat sesungguhnya adalah malaikat yang taat beribadah kepada Allah maka sudah barang pasti jika didalam sebuah rumah tidak pernah dibacakan ayat suci Allah maka malaikat enggan untuk memasukinya.

Rasulullah SAW bersabda :

ู…ูŽุง ุงุฌู’ุชูŽู…ูŽุนูŽ ู‚ูŽูˆู’ู…ูŒ ูููŠ ุจูŽูŠู’ุชู ู…ูู†ู’ ุจููŠููˆุชู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูŠูŽุชู’ู„ููˆู†ูŽ ูƒูุชูŽุงุจูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽูŠูŽุชูŽุฏูŽุงุฑูŽุณููˆู†ูŽู‡ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ู’ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู†ูŽุฒูŽู„ูŽุชู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุงู„ุณู‘ูŽูƒููŠู†ูŽุฉู ูˆูŽุบูŽุดููŠูŽุชู’ู‡ูู…ู’ ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽุฉู ูˆูŽุญูŽูู‘ูŽุชู’ู‡ูู…ู’ ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู ูˆูŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ูู…ู’ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูููŠู…ูŽู†ู’ ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ู

“Tidaklah sebuah kaum berkumpul di dalam rumah diantara rumah-rumah Allah ta’ala, membaca kitab Allah, dan saling mempelajarinya diantara mereka melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, mereka diliputi rahmat, serta dikelilingi malaikat, dan Allah menyebut-nyebut mereka diantara malaikat yang ada di sisiNya.” (H.R Abu Daud No.1243)

Lima : Rumah & Tempat Dihuni Orang Pelit

Sifat pelit sangatlah dibenci oleh Allah. Itulah sebabnya mengapa orang-orang terdahulu selalu banyak di azab oleh Allah karena memiliki sifat pelit. Sepertimana dahulu yang pernah terjadi kepada Firโ€™aun dan Qarun yang menjadi bahan itibar bagi kita semua bahwa Allah memberi azab kepada kedua raja dhalim ini disebabkan juga memiliki sifat pelit.

Maka oleh karena satu diantara sebab lainnya yang menyebabkan Malaikat tidak memasuki rumah seorang hamba adalah karena didalamnya dihuni oleh orang yang pelit. Malaikat tidak akan memasuki rumah orang pelit tersebut karena mereka tahu bahwa sifat pelit merupakan sebab dari kemarahan Allah SWT

Rasulullah bersabda :

ุฅููŠู‘ูŽุงูƒูู…ู’ ูˆูŽุงู„ุดู‘ูุญู‘ูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ู‡ูŽู„ูŽูƒูŽ ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽูƒูู…ู’ ุจูุงู„ุดู‘ูุญู‘ู ุฃูŽู…ูŽุฑูŽู‡ูู…ู’ ุจูุงู„ู’ุจูุฎู’ู„ู ููŽุจูŽุฎูู„ููˆุง ูˆูŽุฃูŽู…ูŽุฑูŽู‡ูู…ู’ ุจูุงู„ู’ู‚ูŽุทููŠุนูŽุฉู ููŽู‚ูŽุทูŽุนููˆุง ูˆูŽุฃูŽู…ูŽุฑูŽู‡ูู…ู’ ุจูุงู„ู’ููุฌููˆุฑู ููŽููŽุฌูŽุฑููˆุง

“Jauhilah sifat pelit, karena sesungguhnya yang membinasakan orang sebelum kalian adalah sifat pelit. Mereka diperintahkan untuk bersifat bakhil maka merekapun bersifat bakhil dan mereka diperintahkan untuk memutuskan hubungan kekerabatan maka merekapun memutuskan hubungan kekerabatan, dan mereka diperintahkan untuk berbuat dosa maka merekapun berbuat dosa.” (H.R Abu Daud 1447)

Demikianlah 5 sebab mengapa malaikat tidak memasuki rumah seorang hamba. Tentu malaikat adalah makhluk suci yang selalu beribadah dan bersujud kepada sang Maha Pencipta oleh karena itu dengan kedatangan mereka dalam rumah kita kita menjadi salah satu sebab Allah menurunkan rahmat bagi kita yang empunya rumah. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : Tgk. Habibie M. Waly S.TH

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like