Pakaian Bernajis Dicuci Dengan Mesin Cuci, Sucikah ?

Di Abad modern semacam ini cara mencuci pakaian sudah menggunakan mesin, oleh karena itu saya ingin bertanya apa hukum dalam islam jika pakaian yang bernajis dicuci dan dicampur dengan pakaian lain dalam satu mesin cuci, apakah pakaian itu bisa dipakai untuk shalat dan ibadah lainnya?

Jawaban :

Menurut pendapat kebanyakan ulama, menghilangkan najis dengan air yang sedikit saja sudah bisa, namun jika pakaian tersebut dicuci dan disatukan dalam sebuah wadah air yang bukan dua kulah (dibawah 20-an liter) atau air yang sedikit tidaklah sah. kecuali sebelum dimasukkan kedalam mesin cuci pakaian tersebut sudah dicuci terlebih dahulu atau sudah dihilangkan kenajisannya baik dengan air yang sedikit atau air yang banyak.

Namun menurut pendapat lain, salah satunya menurut Imam Suraij, asal dalam mencelupkan najis pada air sedikit tersebut untuk menghilangkan najis, meskipun airnya sedikit maka ia tetap suci.

ูˆูŠุดุชุฑุท ูˆุฑูˆุฏ ุงู„ู…ุงุก – ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุญู„ ุฅู† ูƒุงู† ู‚ู„ูŠู„ุง ููŠ ุงู„ุฃุตุญ ู„ุฆู„ุง ูŠุชู†ุฌุณ ุงู„ู…ุงุก ู„ูˆ ุนูƒุณ ู„ู…ุง ุนู„ู… ู…ู…ุง ุณู„ู ุฃู†ู‡ ูŠู†ุฌุณ ุจู…ุฌุฑุฏ ูˆู‚ูˆุน ุงู„ู†ุฌุงุณุฉ ููŠู‡ ูˆุงู„ุซุงู†ูŠ ูˆู‡ูˆ ู‚ูˆู„ ุงุจู† ุณุฑูŠุฌ ู„ุง ูŠุดุชุฑุท ู„ุฃู†ู‡ ุฅุฐุง ู‚ุตุฏ ุจุงู„ุบู…ุณ ููŠ ุงู„ู…ุงุก ุงู„ู‚ู„ูŠู„ ุฅุฒุงู„ุฉ ุงู„ู†ุฌุงุณุฉ ุทู‡ุฑ ูƒู…ุง ู„ูˆ ูƒุงู† ุงู„ู…ุงุก ูˆุงุฑุฏุง ุจุฎู„ุงู ู…ุง ุฅุฐุง ุฃู„ู‚ุชู‡ ุงู„ุฑูŠุญ

“Menurut pendapat yang shahih (benar) ketika air kurang dua Qullah maka disyaratkan air tersebut mendatangi najisnya, agar air tidak menjadi najis bila di balik (barang mendatangi najisnya) sebab hanya dengan kejatuhan najis air sedikit/kurang dua Qullah bisaย  bernajis, menurut pendapat yang kedua, pendapatnya Imam Suraij “Hal tersebut tidak disyaratkan, karena bila tujuan saat mencelupkan najis pada air sedikit tersebut menghilangkan najis maka ia dapat dihukumi suci sebagaimana bila air yang mendatangi najis berbeda bila masuknya najis pada air tanpa ada tujuan seperti saat dijatuhkan angin”. [ Mughni Al-Muhtaaj I/86 ].

ย ุฃูŽุญูŽุฏูู‡ูู…ูŽุง : ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุฃูŽุจููŠ ุงู„ู’ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุจู’ู†ู ุณูุฑูŽูŠู’ุฌู ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูู…ู’ูƒูู†ู ุบูŽุณู’ู„ูู‡ู ุŒ ูˆูŽูŠูŽุทู’ู‡ูุฑู ุจูุฃูŽู†ู’ ูŠูุฑูŽุงู‚ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ู’ู…ูŽุงุกู ูููŠ ุฅูู†ูŽุงุกู ุŒ ูˆูŽูŠูู…ู’ุฎูŽุถู ูููŠู‡ู ู…ูŽุฎู’ุถู‹ุง ุŒ ูŠูŽุตููŠุฑู ุจูู‡ู ู…ูŽุบู’ุณููˆู„ู‹ุง ุŒ ูƒูŽุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุจู : ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ุฏู‘ูู‡ู’ู†ูŽ ูŠูŽุชูŽู…ูŽูŠู‘ูŽุฒู ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูŽุงุกู ูˆูŽูŠูŽุนู’ู„ููˆ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุŒ ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูŽุชูŽู…ูŽูŠู‘ูŽุฒู ุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุจู ุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูุคู’ุฎูŽุฐู ุŒ ููŽูŠูŽูƒููˆู†ู ุทูŽุงู‡ูุฑู‹ุง

“Salah satu dari pendapat masalah ini adalah berasal pendapat Abul Abbas bin Suraij dan Ibnu Abi Hurairah memberikan solusi dengan cara: tuangkan air ke dalam wadah yang telah beisi minyak lalu gerak-gerak/kocok/putar, maka setelah itu dihukumi suci sebagaimana halnya (mencuci) baju, kemudian ambil dan selesailah.” [ Alhaawy alkabiir ]

ูˆู„ูˆ ุตุจ ุงู„ู…ุงุก ููŠ ุงู†ุงุก ู†ุฌุณ ูˆู„ู… ูŠุชุบูŠุฑ ุจุงู„ู†ุฌุงุณุฉ ูู‡ูˆ ุทู‡ูˆุฑ

“Apabila dituangkan air pada bejana air yang bernajis dan ia tidak berubah najis maka hukumnya suci” [ Almajmuโ€™ ].

ย ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุงุจู’ู†ู ุณูุฑูŽูŠู’ุฌู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุงุกู ุงู„ู’ู‚ูŽู„ููŠู„ู ุฅุฐูŽุง ุฃููˆุฑูุฏูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ู’ู…ูŽุญูŽู„ู‘ู ุงู„ู†ู‘ูŽุฌูุณู ู„ููŠูุทูŽู‡ู‘ูุฑูŽู‡ู ูƒูŽุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุจู ูŠูุบู’ู…ูŽุณู ูููŠ ุฅุฌู‘ูŽุงู†ูŽุฉู ู…ูŽุงุกู ุŒ ูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูุทูŽู‡ู‘ูุฑูู‡ู ูƒูŽู…ูŽุง ู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุงุฑูุฏู‹

“Terdapat pada pendapat ibnu suraij bahwa air sedikit dalam bejana apa bila didatangi barang yang najis seperti baju lantas di benamkan, maka dihukumi suci. Disini tidak disebutkan apakah berubah atau tidak.” [ Qolyuby wa โ€˜umairoh ].

Demikianlah pendapat dari beberapa kalangan para ulama syafiyah. Semoga jawaban ini dapat memberi manfaat bagi kita semua. ุขู…ูŠู†โ€Ž.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like