Kamu Ingin Sehat Selalu..?? Berikut 4 Makanan Sehat Dari Al-Quran

www.alwaliyah.com

alwaliyah.com | Ada banyak makanan yang telah Allah turunkan untuk bumi ini. Tentu makanan yang Allah turunkan itu tidaklah semata dijadikan sebagai alat penghilang lapar namun dibalik semua itu makanan yang diturunkan itu juga mengandung obat yang telah Allah simpan didalamnya. Sudah barang pasti bahwa makanan yang dimaksudkan disini adalah makanan yang telah dihalalkan dari diri-Nya.

Semua makanan memiliki kadar manfaat yang berbeda-beda, demikian juga kandungan gizi dan vitaminnya yang ada didalamnya. Ada makanan yang sangat banyak terkandung manfaat bagi tubuh manusia dan ada juga makanan yang hanya memiliki kandungan sedikit manfaat bagi sebahagian manusia yang lain namun mengandung manfaat bagi manusia yang lainnya.

Namun tahukah anda, bahwa dari seluruh makanan yang ada didunia ini, fakatnya ada 4 jenis makanan yang memiliki banyak kandungan manfaat untuk tubuh manusia, bahkan dalam dunia kedokteran 4 makanan ini daikui sebagai bahan terpenting tubuh untuk mendapatkan kadar gizi dan vitamin yang sangat baik bagi manusia. Dan yang lebih bahagianya kita sebagai umat muslim, bahwa ke-4 makanan sehat tersebut jauhari telah disebutkan oleh Allah SWT didalam kitab suci-Nya, Al-Quraul Karim.

Apakah 4 jenis makanan itu, simak penjelasannya sebagai berikut :

PERTAMA : KURMA

Allah menyebut kata “kurma” didalam Al-Quran sebanyak 22 kali. Salah satu diantara ayatnya adalah sebagai berikut :

إِنَّ ٱللَّهَ فَالِقُ ٱلۡحَبِّ وَٱلنَّوَىٰۖ يُخۡرِجُ ٱلۡحَيَّ مِنَ ٱلۡمَيِّتِ وَمُخۡرِجُ ٱلۡمَيِّتِ مِنَ ٱلۡحَيِّۚ ذَٰلِكُمُ ٱللَّهُۖ فَأَنَّىٰ تُؤۡفَكُونَ

“Sungguh, Allah yang menumbuhkan butir (padi-padian) dan biji (kurma). Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. Itulah (kekuasaan) Allah, maka mengapa kamu masih berpaling?” (Surat Al-An’am, Ayat 95)

Buah satu ini bisa dikonsumsi kapan pun. Baik saat masih muda, matang, atau kering. Nabi Muhammad selalu berbuka dengan kurma dan seteguk air. Beliau juga kerap memakan buat satu ini dengan roti, mentega atau mentimun.

Kandungan gizi kurma sangat tinggi, karbohidratnya mencapai 70% hingga 80%. Gula yang terkandung pada kurma, sangat mudah diserap tubuh. Mengandung setidaknya 6 vitamin dan sangat tinggi potasium, kalsium, magnesium, dan phospor.

Mengonsumsi 6 hingga 7 butir kurma per hari, bisa memenuhi kebutuhan serat orang dewasa hingga 90%. Jadi tak heran kalau buah satu ini disebut camilan ideal!

KEDUA : ANGGUR

Allah menyebut buah anggur didalam Al-Quran sebanyak 15 kali. Diantaranya Allah berfirman :

وَمِن ثَمَرَٰتِ ٱلنَّخِيلِ وَٱلۡأَعۡنَٰبِ تَتَّخِذُونَ مِنۡهُ سَكَرٗا وَرِزۡقًا حَسَنًاۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَةٗ لِّقَوۡمٖ يَعۡقِلُونَ

“Dan dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti.” (Surat An-Nahl : 67)

Mengkonsumsi anggur setiap hari dalam jumlah sedikit akan menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Anggur membantu pengenceran darah arteri sehingga aliran darah akan lebih lancar. Kandungan guercetin didalam anggur diketahui dapat mencegah pertumbuhan sel kanker didalam tubuh. Selain itu, fungsi manfaat dari Anggur lainnya adalah dapat mencegah gigi tanggal karena anggur, dapat memperkuat enamel gigi serta dapat memperkuat gusi, dapat memberi daya ingat dan fungsi otak yang lebih kuat, memperbaiki sistem pencernaan, dan juga dapat memperkuat tulang karena anggur dapat meningkatkan kepadatan tulang.

KETIGA : ZAITUN

Adapun Zaitun Allah SWT menyebutkannya sebanyak 7 kali. Satu dari ayat-ayat tersebut Ia berfirman didalam Al-Quran sebagai berikut :

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرۡعَ وَٱلزَّيۡتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلۡأَعۡنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَةٗ لِّقَوۡمٖ يَتَفَكَّرُونَ

“Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.” (Surat An-Nahl : 11)

Pohon zaitun bisa hidup sangat panjang, mencapai 500 tahun. Setelah dipotong bisa tumbuh kembali dan berkembang bahkan jika dipangkas hingga ke tanah. Buahnya bisa diolah menjadi minyak yang sangat sehat.

Minyak zaitun diketahui sebagai sumber lemak baik yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol “jahat” (LDL) dalam darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa di negara-negara di mana minyak zaitun merupakan sumber utama lemak, tingkat kasus kankernya lebih rendah daripada di negara-negara yang tidak terbiasa menggunakannya dalam masakan. Ada beberapa komponen minyak zaitun yang dipercaya mengandung zat anti kanker, termasuk vitamin E.

KEEMPAT : DELIMA

Buah delima dalam Al-Quran disebutkan sebanyak 3 kali. Dinataranya Allah berfirman dalam satu ayatnya adalah :

وَهُوَ ٱلَّذِيٓ أَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءٗ فَأَخۡرَجۡنَا بِهِۦ نَبَاتَ كُلِّ شَيۡءٖ فَأَخۡرَجۡنَا مِنۡهُ خَضِرٗا نُّخۡرِجُ مِنۡهُ حَبّٗا مُّتَرَاكِبٗا وَمِنَ ٱلنَّخۡلِ مِن طَلۡعِهَا قِنۡوَانٞ دَانِيَةٞ وَجَنَّٰتٖ مِّنۡ أَعۡنَابٖ وَٱلزَّيۡتُونَ وَٱلرُّمَّانَ مُشۡتَبِهٗا وَغَيۡرَ مُتَشَٰبِهٍۗ ٱنظُرُوٓاْ إِلَىٰ ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثۡمَرَ وَيَنۡعِهِۦٓۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكُمۡ لَأٓيَٰتٖ لِّقَوۡمٖ يُؤۡمِنُونَ

“Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (Surat Al-An’am : 99)

Dalam satu hadits yang berkaitan dengan Hari Kiamat, Allah SWT memerintahkan bumi untuk menghasilkan buahnya dan mengembalikan berkahnya. Delima adalah satu-satunya tanaman yang disebutkan secara khusus (HR Muslim).

Delima merupakan buah yang bulat dengan kulit yang keras dan kasar. Di dalamnya ada ratusan biji yang dikelilingi oleh kantung merah, merah muda, atau warna putih. Buah ini sangat kaya antioksidan dan kalium, serta sumber vitamin C, piridoksin (vitamin B-6), dan asam pantotenat (vitamin B-5) yang sangat baik untuk menjaga vitalitas tubuh.

Masyaallah, inilah 4 makanan Allah yang disebutkan didalam Al-Quran. Pada dasarnya segala sesuatu yang ada di bumi ini menjadi obat bagi setiap penyakit. Allah telah menyediakan semuanya untuk manusia jika mau ia menggunakan akalnya untuk berfikir. Tentu Allah Maha tahu segala kebutuhan manusia karena memang Dia-lah yang menciptakan manusia.

Sumber : Tgk. Habibie M. Waly S.TH

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like