Tahukah Anda..!! Berapakah Sudah Jumlah Malaikat Sampai Hari Ini ?

www.alwaliyah.com

alwaliyah.com | Tidak ada yang tidak mengetahui Malaikat, bukan hanya agama islam saja yang mempercayai kehadiran makhluk ini bahkan setiap agama mempercayai adanya wujud mereka, tentu setiap agama memiliki cara pandang tersendiri mengenai gambaran makhluk yang bernama malaikat ini. Didalam islam, malaikat didefinisikan sebagai makluk Allah yang diciptakan dari cahaya dan bertugas patuh atas segala perintah yang diembankan, mereka tidak diberi nafsu dan menuruti tanpa ada bantahan sedikitpun terhadap segala perintah Allah untuk mereka.

Inilah gambaran umum mengenai malaikat dalam agama islam, kesimpulannya adalah malaikat merupakan makhluk Allah yang wujud dan hadir untuk manusia, semuanya hadir untuk kebutuhan dan keperluan manusia dan makhluk-makhluk Allah yang lain. Namun pernahkah kita berfikir, berapakah jumlah malaikat sejak mereka diciptakan pertama kali hingga hari ini ?, atau pernahkah kita berfikir dapatkah kita menghitung jumlah mereka sepertimana kita menghitung jumlah manusia atau hewan lainnya ?, apakah Nabi Muhammad SAW pernah menjelaskan hal ihwal ini ?

Setiap sesuatu yang muskil dalam agama sudah tentu jawabannya merujuk kepada Al-Quran, Hadist atau Ijmak para ulama. Maka demikianlah dengan pertanyaan โ€œBerapakah jumlah malaikat yang telah diciptakan Allahโ€. Sudah tentu kita akan merujuk kepada Dalil sebagai tempat kembali dari semua kemuskilan ini.

Mengenai berapakah jumlah malaikat, kita dapat merujuk kesebuah kitab tafsir yang ditulis oleh Imam Al-Hafidz Imam As-Suyuthi didalam kitabnya Ad-Dur Al-Matsur, beliau menukil beberapa hadist Rasulullah saat beliau menafsirkan surat Al-Qadar ayat ke-4.

Rasulullah bersabda :

ูˆุฃุฎู’ุฑูŽุฌูŽ ุงู„ุทู‘ูŽูŠุงู„ูุณููŠู‘ู ูˆุฃุญู’ู…ูŽุฏูุŒ ูˆุงุจู’ู†ู ู…ูŽุฑู’ุฏููˆูŠูŽู‡ูŽ ุนูŽู†ู’ ุฃุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ๏ทบ :ู‚ุงู„ูŽ ููŠ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู‚ูŽุฏู’ุฑู: ุฅู†ู‘ูŽู‡ุง ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŒ ุณุงุจูุนูŽุฉู ุฃูˆู’ ุชุงุณูุนูŽุฉู ูˆุนูุดู’ุฑููŠู†ูŽ ูˆุฅู†ู‘ูŽ ุงู„ู…ูŽู„ุงุฆููƒูŽุฉูŽ ููŠ ุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ููŠ ุงู„ุฃุฑู’ุถู ุฃูƒู’ุซูŽุฑู ู…ูู† ุนูŽุฏูŽุฏู ุงู„ุญูŽุตู‰.

Telah dikeluarkan oleh Athayyalisu dan Ahmad, dan Ibnu Marduyah daripada Abu Hurairah, dari Nabi Muhammad SAW : โ€œBeliau telah berkata bahwasanya ayat Filaylatil Qadr bahwasanya itu terjadi pada malam yang ketujuh atau malam ke 29, sesungguhnya malaikat pada malam itu di bumi lebih banyak (jumlahya) daripada hitungan batu kerikil.โ€

ูˆุฃุฎู’ุฑูŽุฌูŽ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุจู’ู†ู ู†ูŽุตู’ุฑู ู…ูู† ุทูŽุฑููŠู‚ู ุฃุจููŠ ู…ูŽูŠู’ู…ููˆู†ู ุนูŽู†ู’ ุฃุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ู‚ุงู„ูŽ: ุฅู†ู‘ูŽู‡ุง ู„ูŽุณุงุจูุนูŽุฉูŒ ูˆุชุงุณูุนูŽุฉูŒ ูˆุงู„ู…ูŽู„ุงุฆููƒูŽุฉู ู…ูŽุนูŽู‡ุง ุฃูƒู’ุซูŽุฑู ู…ูู† ุนูŽุฏูŽุฏู ู†ูุฌููˆู…ู ุงู„ุณู‘ูŽู…ุงุกู

Telah dikeluarkan oleh Muhammad bin Nasr dari jalan Abi Maymun daripada Abu Hurairah telah berkata : โ€œBahwasanya Al-Qadr itu sungguh pada malam ke-7 atau ke-9, dan malaikat didalamnya lebih banyak jumlahnya daripada hitungan bintang langit.โ€

Dari penjelasan Rasulullah diatas dapatlah kita ketahui, sesungguhnya malaikat itu faktanya sangatlah banyak. Ketika Rasulullah berkata โ€œsesungguhnya malaikat pada malam itu di bumi lebih banyak (jumlahya) daripada hitungan batu kerikilโ€, keterangan ini hanya sebatas pada jumlah yang ada dibumi saja, belumlah terhitung jumlah malaikat yang ada dilangit, dalam surga, neraka, lalu jumlah pengikut dan pembantu dari setiap malaikat besar seperti Malaikat Jibril, malaikat Israfil, Malaikat Izrail yang sesungguhnya malaikat-malaikat ini memiliki pembantu yang diberikan oleh Allah SWT.

Maysallah, ternyata selain kita sebagai makhluk Allah dari kalangan manusia nyatanya ada makhluk Allah yang jumlahnya tak terhingga dan tidak dapat terhitung, mereka adalah para Malaikat Allah. Sungguh, Allah maha berkuasa, ia bisa menciptakan segala sesuatu yang tidak dapat dinalar oleh kita bahkan makhluk lainnya sekalipun, hanya Allah saja yang mengetahui hakikat tentang dirinya. Maha suci Allah dengan segala kekuasaan-Nya.

Bagaimana menurut anda tentang ini ? Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi kita semua. ย 

Sumber : Tgk. Habibie M. Waly S.TH

3 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like